Pria Ini Awalnya Menggelandang dan Kecanduan Narkoba. Siapa Sangka, Anjing Ini Datang Dan Merubah Hidupnya 180 Derajat !

  • on July 30, 2018
  • Likes!

 

Siapa pun yang telah menyusuri Shoreditch High Street di London timur dalam beberapa tahun terakhir mungkin akan melihat sosok John Dolan, dengan cangkir koin di samping anjingnya. Seorang turis dari Selandia Baru yang melihat-lihat galeri seni di dekatnya memiliki reaksi yang sama dengan orang awam lainnya : dia berhenti karena terkejut ketika dia melihat sebuah sketsa Dolan yang dipajang. “Saya melihat orang ini di jalan kemarin,” katanya. “Kuharap aku bisa berbicara dengannya.”

Baru – baru ini Dolan adalah seorang tunawisma pecandu heroin, sekarang menjadi “seniman terkenal”. Pameran karya Dolan sungguh ramai, yang kedua baru saja dibuka dengan karya – karya baru, Karya Dolan sangat diminati karena teknik menggambarnya yang mampu dengan detil menggambarkan setiap sudut Kota London. Ketika ditanya darimana dirinya mendapatkan Inspirasi. Dolan menjawab bahwa George. George ini adalah anjing dari Dolan.

Kehidupan Dolan telah berubah sejak Richard Howard-Griffin, seorang penikmat seni jalanan dan pemilik galeri memasang gambar karya Dolan musim gugur yang lalu. Tapi Dolan, agak kesulitan beradaptasi dengan lingkungan normal karena trauma yang dialaminya sejak kecil. Dolan merupakan anak bungsu dari empat orang bersaudara. Ayahnya seorang tukang sampah dan ibunya adalah seorang tukang bersih – bersih. Pada usia 10 tahun, Dolan harus menghadapi kenyataan pahit bahwa dirinya bukanlah anak kandung dari mereka berdua. Dolan sudah tidak tahu lagi kemana arah hidupnya ketika itu.

Dolan sangat benci sekolah karena dirinya sering di bully saat dirinya bersekolah. Dolan mulai membolos, menghirup lem, melemparkan botol susu dari menara, dikejar-kejar oleh polisi. Karena perilakunya yang sangat lah buruk, ayah angkat dari Dolan mengatakan bahwa dirinya akan mengirimkan Dolan ke panti asuhan atau mengirimkan dirinya ke ayah kandung Dolan. Dolan awalnya meneirma hal itu. Namun, dirinya tidak tahu efek berbahaya dibaliknya.

Dolan sempat enam bulan mendekam di lembaga pelanggar muda Feltham : seorang pencuri kecil yang gemuk, yang memalsukan tanda tangan di buku tabungan, sering berpergian bersama pembunuh dan gangster. Ketika dia keluar dari penjara tersebut, ayah dan ibu angkatnya tidak akan membawanya kembali. Dolan menjadi tunawisma. Dolan mulai merampok sana sini. Dirinya tidak penrah merampok rumah. Selalu toko besar yang jadi target Dolan. Dolan menjadi ahli dalam perampokan

Rumah orang tua angkat Dolan berulang kali diserbu oleh polisi dan tidak lama setelah satu serbuan, Ibu angkat Dolan meninggal karena kanker. Ayahnya tidak pernah benar-benar memaafkan Dolan – “Dia selalu mengatakan jika itu tidak pernah terjadi dia mungkin masih ada di sini sekarang” – tetapi pria yang lebih tua membutuhkan bantuan dan Dolan pindah ke rumah.

Berduka dan kesepian, Ayahnya mengamuk kepada Dolan – “Kau tidak berguna.” Dia adalah tipikal generasinya, orang yang keras dan ringan tangan. Menurut Dolan, salah seorang saudara laki-lakinya baru-baru ini mengatakan Ibunya menyalahkan sang ayah atas kenakalan Dolan. Setelah satu dekade masuk dan keluar dari penjara dan sekarang disiksa oleh kakeknya yang sedang marah dan sakit, Dolan semakin tenggelam dalam depresi dan mencoba heroin. “Rasanya seperti seseorang memberi saya pelukan terbesar yang pernah saya miliki sepanjang hidup saya,” tulisnya dalam memoarnya. “Aku benci mengatakannya,” katanya padaku, “tetapi untuk beberapa tahun pertama penggunaan narkoba kelas A benar-benar membantu depresiku tetapi dengan cara yang negatif – aku menjadi ketagihan” ujar Dolan lagi.

Ketika sang ayah angkat meninggal pada 1997, semua keluarga Dolan, kecuali saudara perempuannya Jackie, memutuskan hubungan. Dolan menjadi tunawisma lagi ketika dia gagal membayar sewanya dan pada tahun 2009. Dolan mencoba untuk menjadi pengemis di tahun itu. Namun,

Dolan bertemu dengan George. Seorang anjing kecil yang ternyata akan menemani hidupnya hingga saat ini.

Dolan mulai menaruh cangkir kecil di sebelahnya smabil ditemani oleh George sang anjing terlantar. Akhirnya Dolan mulai melukis beberapa bangunan di depannya. Dolan bisa mendapatkan pundi – pundi uang yang cukup banyak.

Menjelang pameran, Dolan mencoba untuk merapihkan dirinya. Mengobati ketergantungannya pada Heroin dan lain – lain. Tujuan pameran ini tidak hanya untuk lembaga amal. Tapi, juga sebagai ajang permintaan maaf Dolan karena sudah mengacau beberapa waktu lalu. Semoga saja kini hidup Dolan tidak pernah terjerumus ke lembah hitam lagi !

 

Dilansir dari https://www.pastiseru.com

Article Categories:
News · News & Promotions · Tips

Comments are closed.